Wireless Router Tenda N301 – Ulasan dan pengalaman

Tuesday, April 25th, 2017 - Networking, Reviews, Tutorial
Advertisement

Sebelum kita membahas dan menggunakan tenda N301, berikut beberapa spesifikasi yang perlu kita ketahui tentang router murah produksi tenda ini.

Dari Segi Hardware :

  • Standards & Protocol: IEEE 802.3/3U IEEE 802.11n/g/b
  • Interface : 1 10/100Mbps WAN Port;3 10/100Mbps LAN Ports
  • Antenna : 2 fixed x 5dbi Omni Directional Antena
  • Button : 1 Reset/WPS Button
  • Dimension : 127.4mm*90.5mm*26mm (L*W*H)
  • Internet Connection : Dynamic IP、PPPOE、Static IP、L2TP、PPTP

Radio Wireless Spesifikasi:

  • Wireless Link Rates : IEEE 802.11n: up to 300Mbps;IEEE 802.11g: up to 54Mbps;IEEE 802.11b: up to 11Mbps
  • Frekuensi : 2.412GHz-2.472GHz
  • Fungsi Wireless : Enable/Disable Wireless Radio; Wireless Access Control

Software yang digunakan:

  • Wirieless Security: 64/128bit WEP;WPA-PSK;WPA2-PSK;WPS support
  • DHCP Server: Built-in DHCP server; DHCP Client List; Address Reservation
  • Virtual Server: Port Forwarding; DMZ Host
  • Dynamic DNS: No-IP;dyndns
  • VPN Pass-Through: PPTP; L2TP

Other setting didalam tenda n301:

  • Working Modes : Universal Repeater;AP; WISP; WDS Bridge
  • Reception Sensitivity: b mode:1M -92dBm@8% 11M -87dBm@8% PER;g mode:54M -72dBm@8% PER;n mode:72.2M -68dBm@8% PER; 150M -68dBm@8% PER
  • Parental Control : Client Filter; Mac Filter;Websites Filter
  • Other: Bandwidth Control; Mac Address Clone; Remote Web Management; System Log
  • Package Content : Wireless N300 Easy Setup Router N301; Quick Installation Guide; Ethernet cable; Power adapter;Resources CD
  • Environment : Operating Temperature : 0℃~40℃;
  • Storage Temperature: -40℃~70℃;
  • Operating Humidity: 10%~90%
  • non-condensing;
  • Storage Humidity: 5%~90% non-condensing
  • Certification: FCC, CE,RoHs

Ulasan Kami :

Beberapa waktu lalu kami membeli tenda n301 wireless router dari salah satu situs online shop khusus networking, tidak hanya karna diskon dan juga harga yang ditawarkan murah (saat itu Rp. 175.000) tetapi karna kebetulan memang Sebenarnya lagi butuh untuk membuat hotspot pribadi di rumah sendiri sekaligus untuk “Bahan percobaan” untuk Ngoprek wireless router Tenda ini.

wireless router Tenda n301

Spesifikasi VS Harga Tenda N301 :

Spesifikasi yang di hadirkan cukup lengkap dengan harga yang lumayan murah bahkan lebih murah dengan merek lainnya dengan spesifikasi mirip. Fitur yang ditawarkan dan desain yang minimalis elegan membuat kami mempertimbangkan untuk memiliki perangkat wirelss ini. Masalah kualitas sementara saya abaikan dahulu, karna kalau sebelum membeli tentu agak sulit menilai mengenai kualitas barang tersebut, yang dilihat pertama kali bagi kami sebelum membeli spesifikasi dan fitur baru merk tenda ini. Untuk masalah harga gak terlalu penting banget, yang penting murah. (baca juga : cara setting modem Tplink ADSL)

Fisik N301 :

Fisik lumayan ringan, mungil dan elegan sehingga tidak terlihat kakku kalau dibiarkan mejeng di atas meja. Sisi fisik Produk ini kami merasa tenda n301 ini memang dibuat khusus untuk disimpan diatas meja kita karena dibagian belakang (bawah) tidak ada lubang di router untuk mengkaitkan dengan paku untuk dinding (tidak bisa dipasang didinding) .

Kelengkapan N301 :

Kelengkapan yang didapatkan ketika kami membeli perangkat ini yaitu: 1 unit wireless router, 1 unit power DC adaptor, CD manual book, 1 pcs kabel lan.

Instalasi dan Konfigurasi :

Sama Seperti wireless router lainnya, tenda n301 tidak memerlukan software atau driver khusus. Kita tinggal langsung akses IP Address yang tertera dibagian bawah wireless router tersebut, standardnya adalah : 192.168.0.1 dengan password “admin” tetapi nanti kita bisa mengubahnya setelah masuk login.
Untuk konfigurasi kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan yang kita mau dibuat apa wireless routernya, apakah dijadikan Wireless Extender? / Repeater?, Access Point? atau Router? (yang saya ketahui 3 fungsi utama). Langkah – langkah konfigurasi secara umum hampir mirip dengan wireless router lainnya, hanya sedikit yang berbeda di interface saja. (baca juga : 10 SEO Tool yang wajib kamu ketahui)

Fungsi Router Wireless ini :

Untuk Pertama, kita bisa membuat access point dengan cara membagi jaringan internet yang berasal dari LAN (Local Area Network) melewati jalur WAN yang berada di port belakang yang selanjutnya dapat di-share melalui sinyal wireless router. Untuk nama dan password wifi / hotspot / SSID bisa diatur sesuai dengan keinginan.
Yang Kedua, kita juga bisa menggunakan tenda n-301 ini menjadi wireless extender. Contohnya jika diarea kita ada hotspot atau wifi yang sinyalnya lemah atau juga mungkin kita menggunakan PC yang tidak memiliki perangkat modem wireless nya, maka dengan tenda n-301 bisa dijadikan sebagai Wireless extender yaitu sebagai alat penerima sinyal wifi melalui jaringan wireless yang di share ke 3 jalur LAN yang berada dibagian belakang (berbeda dengan WAN) dan kemudian selanjutnya dihubungkan ke LAN PC / laptop.
Yang Ketiga, yaitu Bisa dipakai sebagai repeater, sangat bermanfaat karena secara teknis dapat menggabungkan dua fungsi router diatas, anatara lain yaitu : menerima dan sekaligus membagikan (share) jaringan internet kita melalui jaringan wireless dari jaringan wireless yang sudah ada ini. Sederhananya mungkin bisa disebut sebagai “penguat sinyal”. Dengan fungsi Router ini kita sama sekali tidak memerlukan kabel jaringan LAN. Kita cukup hanya menempatkan wireless router di tempa yg terjangkau jaringan yg akan di-repeat (sebar ulang) dengan perangkan kita. Saran Kami sinyal wireless yang akan di-repeat (sebar ulang) tidak kurang dari 50% (lihat di konfigurasi wireless). Untuk itu simpan ditempat yg strategis.

Yang Keempat, perangkat ini bisa dipakai sebagai router, biasanya fitur ini digunakan oleh perusahaan/kantor/perumahan yang memiliki aplikasi web di jaringannya sehingga orang/pekerja yang menggunakan wifi hanya bisa menggunakan jaringan internet dan tidak akan bisa mengakses aplikasi web privat tersebut. Fungsi lain router ini juga otomatis aktif ketika kita menjadikan wireless router tenda sebagai access point karena kelas ip address yang di broadcast biasanya berbeda dengan IP jaringans yang di terima via WAN, COntohnya IP WAN 192.168.1.125, sedangkan dynamic IP yang di-share melalui oleh wireless defaultnya 192.168.0.110 s.d 192.168.0.107 (bisa diubah).

Untuk pembelian wireless router indoor tenda bisa kunjungi website kami di Tenda N301 Murah

Untuk tutorial konfigurasi yang selengkapnya nanti saya akan bahas. Jika Mau silahkan masukkan e-mail anda di paling bawah halaman blog ini untuk berlangganan artikel dari Sanjayanet Blog. Jangan lupa follow Blog kami ini.

Advertisement
Wireless Router Tenda N301 – Ulasan dan pengalaman | pitersanjaya | 4.5